Waktu dan Lamanya Menjemur Burung di Pagi Hari

NTS Premium | August 2, 2016
Waktu dan Lamanya Menjemur Burung di Pagi Hari
KAPAN atau jam berapa sebaiknya menjemur burung di pagi hari dan berapa lama? Dari jam berapa sampai jam berapa?

Itulah pertanyaan bagi penggemar burung pemula, yang baru memelihara burung. 

Bagi pemula seperti admin, kadang bingung, kapan sebaiknya burung dijemur dan berapa lama sang burung harus mendapatkan sorotan sinar matahari?

Yang jelas, burung harus dijemur untuk terkena sinar mahatahari pagi yang segar. Banyak manfaatnya untuk kebaikan burung, tapi juga ada bahayanya jika berlebihan.

Manfaat Menjemur Burung
Sebelumnya soal waktu dan lama menjemur burung, berikut ini manfaat menjemur burung:

  1. Sinar matahari pada pagi hari mengandung infra merah yang bermanfaat untuk pembentukan hormon testosteon bagi burung jantan, serta hormon estrogen dan progesteron pada burung betina. Ketiga hormon ini memegang kendali penting terhadap rangsangan birahi (juga organ reproduksi) yang membuat burung menjadi lebih rajin berkicau.
  2. Sinar matahari pagi juga banyak mengandung ultraviolet yang bisa mengekstrak pro-vitamin D yang ada di dalam tubuh burung menjadi vitamin D3 yang sangat bermanfaat dan berpengaruh terhadap struktur tulang, daya tahan, dan beberapa organ penting lainnya.
  3. Sinar matahari pagi bisa mengoptimalkan metabolisme dalam tubuh burung, sehingga proses penyerapan sari makanan dan pendistribusian sari makanan pun menjadi lebih tepat dan lebih efisien.
  4. Sinar matahari pagi bisa membunuh hampir 85% virus penyebab penyakit pada burung.
  5. Sinar matahari pagi hari juga bisa membunuh bibit jamur maupun jamur yang bersarang di lantai sangkar, jeruji, ataupun ornamen sangkar lainnya.
  6. Sinar matahari pagi sangat bermanfaat dalam melepaskan kutu-kutu yang menempel pada permukaan kulit dan bulu–bulu burung
  7. Sinar matahari pagi merupakan kebutuhan dasar biologis bagi burung. Jadi, penjemuran juga memiliki dampak yang besar terhadap perkembangan psikologis burung. Semua burung pasti akan merasa senang jika dijemur setiap hari, terlebih pada pagi hari sewaktu matahari baru terbit.

Waktu & Lama Menjemur BurungUntuk waktu penjemuran burung kicau, sebaiknya anda memilih waktu di pagi hari sebelum fajar menjemput. 

Pagi hari udara masih segar dan belum terlalu banyak terkontaminasi debu dan polusi. Pada saat sebelum fajar datang, ada banyak embun yang baik untuk kesehatan burung, yaitu untuk kesegaran burung. 

Jangan menjemur burung lebih dari jam 9-10 pagi ke atas, karena saat itu sinar matahari/UV sudah cukup terik sehingga tidak begitu bagus untuk menjemur burung kicau. 

  • Sinar matahari yang terlalu panas justru akan merusak bulu burung dan tentunya mengurangi penampilannya. 
  • Tetapi jika Anda punya tujuan tertentu, misalnya persiapan lomba, untuk menguruskan burung, maka waktu jemur di atas jam 9 pagi tidaklah mengapa.

Jemurlah burung dari waktu sepagi mungkin, bahkan kalau bisa sebelum waktu fajar, sehingga sekaligus untuk pengembunan. 

Pengembunan bagus dilakukan untuk burung agar mereka bisa mendapatkan kesegaran udara pagi hari, yang diasumsikan kondisi udaranya masih bersih tidak terkena polusi debu siang hari.

Jangan lakukan penjemuran melewati pukul 09.00 karena selepas waktu itu sinar ultarviolet bisa membuat bulu burung rusak. Selepas waktu itu, bisa dilakukan untuk penanganan atau treatment khusus burung untuk tujuan tertentu misalnya lomba, membuat tambah gacor, lebih ramping dan sebagainya.

Jangan menjemur dengan sangkar dikerodong, khususnya untuk daerah panas. Penjemuran dengan sangkar burung dikerodong, bisa menyebabkan burung mendapat panas yang berlebihan. Burung bisa kekurangan oksigen dan bisa mati kepanasan. Untuk daerah dingin, hal ini bisa jadi tidak menimbulkan masalah serius.

Kesimpulannya, wakatu terbaik menjemur burung antara jam 6 hingga jam 9 pagi hingga untuk penjemuran rutin atau normal. Jadi, lama penjemuran sekitar 3 jam saja.

Demikian soal Waktu dan Lama Menjemur Burung dikutip dari berbagai sumber.*

3 comments:

No SPAM, Please...!